Design your theme

Righteous Kill

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in ...

Quisque sed felis

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in ...

Etiam augue pede, molestie eget.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in ...

Hellgate is back

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit ...

Post with links

This is the web2feel wordpress theme demo site. You have come here from our home page. Explore the Theme preview and inorder to RETURN to the web2feel home page CLICK ...

Latest Posts

disusun oleh :
UCIA PUJI RAHAYU
10 41010 0080

1. Nama / Profil Organisasi
2. Alamat Organisasi (sertakan alamat Websitenya jika ada)
3. Usaha utamanya dibidang apa.
4. Jelaskan Proses Bisnis Organisasi (jelaskan masih manual atau sudah komputerisasi)
5. Dalam Ranah Aplikasi Database termasuk kelompok yang mana ? Jelaskan mengapa !
6. Jika anda diminta mengembangkan sistemnya, apa yang akan anda lakukan !
7. Jika anda menggunakan literatur sebagai sumber jawaban, sertakan di halaman terakhir tentang Daftar Pustaka


1. PT. INDOMARCO PRISTAMA

2. JALAN JENGGALA NO.22 GEDANGAN SIDOARJO 61254 PERGUDANGAN PT. INDOMARCO PRISTAMA
website :  http://indomaret.co.id/

3. Jaringan Minimarket yang menyediakan kebutuhan pokok sehari-hari dengan luas penjualan kurang dari 200 macam

4. Proses bisnisnya
 Sistem Distribusi
1. Pusat Distribusi
sistem distribusi dirancang seefisien mungkin dengan jaringan pemasok yang handal dalam menyediakan produk terkenal dan berkualitas serta sumber daya manusia yang kompeten,menjadikan Indomaret memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen. Saat ini Indomaret memiliki 5 pusat distribusi di Ancol Jakarta,Cimanggis Depok, Tangerang, Bandung , dan Surabaya. Dengan menjalin lebih dari 400 pemasok,Indomaret memiliki posisi baik dalam menentukan produk yang akan dijualnya.
2. Sistem Teknologi Informasi
Laju pertumbuhan gerai Indomaret yang pesat dengan jumlah transaksi 8,4 juta transaksi per bulan didukung oleh sistem teknologi yang handal. Sistem teknologi informasi Indomaret pada setiap point of sales di setiap gerai mencakup sistem penjualan,persediaan dan penerimaan barang. Sistem ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan saat ini dengan memperhatikan perkembangan jumlah gerai dan jumlah transaksi di massa mendatang.
Indomaret berupaya meningkatkan pelayanan dan kenyamanan belanja konsumennya dengan menerapkan sistem check out yang menggunakan scanner disetiap kasir dan pemasangan fasilitas pembayaran Debit BCA.
Indomaret menerapkan digital picking system ( DPS ) pada setiap pusat distribusinya. Sistem TI ini memungkinkan pelayanan permintaan dan suplai barang dari pusat distribusi ke toko-toko dengan tingkat kecepatan yang tinggi dan efisiensi yang optimal. Pusat distribusi Indomaret berada di Jakarta, Cimanggis, Tangerang, Surabaya, dan Bandung.

Promosi
Sasaran promosi pasar Indomaret adalah konsumen kelas memengah. Lokasi gerai yang strategis dimaksudkan untuk memudahkan Indomaret melayani sasaran demografisnya yaitu keluarga.
Strategi pemasaran Indomaret diintegrasikan dengan kegiatan promosi. Secara berkala Indomaret menjalankan program promosi dengan berbagai cara. Seperti memberikan harga khusus, undian berhadiah maupun undian langsung.

Visi,Motto, dan Budaya
1. Visi
Menjadi assets nasional dalam bentuk jaringan ritel waralaba yang unggul dalam persaingan global.
1. Motto
Mudah & Hemat
1. Budaya
Dalam bekerja kami menjungjung tinggi nilai-nilai :
1. kejujuran,kebenaran,dan keadilan.
2. Kerja sama tim
3. Kemajuan melalui inovasi yang ekonomis
4. Kepuasan pelanggan
3.4. Tenaga Kerja

DAYA SERAP TENAGA KERJA JUMLAH
Pusat Distribusi            = 983
Administrasi                 = 1033
Kantor Pusat                = 575
Toko                            = 4708
Sub Total                      = 7299
Karyawan Franchise     = 2092
Total karyawan             = 9391

 Keuntungan Waralaba Indomaret
Dalam mencermati bisnis baru, kadang pebisnis hanya terfokus pada keuntungan finansial. Padahal banyak keuntungan lain yang bisa diperoleh, khususnya yang membeli hak waralaba, dan Indomaret memberikan berbagai keuntungan sehingga dapat menjadi kekuatan bagi yang hendak memasuki dunia wirausaha.
1. Transformasi Pengetahuan
Bergabung dengan Indomaret, akan banyak diperoleh pengetahuan bisnis toko modern dan sekaligus menempatkan Anda sebagai pelaku bisnis.
1. Potensi Pasar
Bantuan survey lokasi dari Indomaret akan memperkaya wawasan mengenai potensi dan strategis tidaknya suatu lokasi.
1. Tidak full time
Dukungan sistem operasional toko yang terintegrasi, membuat para investor tidak perlu terlibat secara full time dalam operasional toko ataupun meninggalkan pekerjaan sebelumnya.
1. Peluang Berkembang
Investor dapat memiliki lebih dari 1 (satu) unit toko dengan tingkat kesibukan yang sama dan dapat diatur.
1. Minimalisasi Risiko
Perencanaan matang, mulai survey lokasi sampai dengan pembukaan toko, kecepatan distribusi dan kelengkapan barang dagangan, serta dukungan manajemen toko yang solid akan membantu investor dalam menekan risiko kerugian.

 Struktur Organisasi dari Toko Indomaret
BAB IV
PEMECAHAN PERMASALAHAN
Alat analisa yang digunakan adalah Analisis SWOT. Dari hasil analisis strategi pemasaran yang telah diterapkan oleh INDOMARET dengan metode analisis SWOT, maka dapat diketahui keefektifan strategi pemasarannya, kekuatan kelemahan yang dimiliki dan peluang ancaman yang dihadapi.
Strategi SWOT ( Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats ) Indomaret :
1. Strengths ( kekuatan )
* Indomaret telah mengembangkan franchise yang mempunyai tujuan menjadi assets nasional dalam bentuk jaringan ritail waralaba yang unggul dalam persaingan nasional.
* Investasi franchise Indomaret yang ditawarkan sangat kompetitif,bila dibandingkan dengan Alfamart. Indomaret berkisar antara 300 juta sampai dengan 350 juta,sedangkan Alfamart berkisar antara 300 juta sampai 400 juta.
* Penempatan lokasi pabrik dan head office di beberapa wilayah yang sudah cukup strategis.
* Tingkat upah karyawan yang relatif rendah berkisar 600 ribu rupiah perbulan. Sehingga mampu menekan biaya operasional serendah mungkin.
* Pertumbuhan frainchise Indomaret yang terbukti tinggi di setiap tahunnya.
pertumbuhan Gerai Indomaret
Tahun dan Jumlah
2002   = 192 gerai
2003   = 312 gerai
2004   = 408 gerai
* Indomaret adalah salah satu franchise yang bergerak dibidang ritail yang siap go Internasional.
* Indomaret mampu menjual barang eceran dengan harga lebuh murah,karena Indomaret mengambil pasokan barang dari salah satu distributor terbesar produk kebutuhan sehari-hari yaitu Indomarco.
* Indomaret merupakan pelopor waralaba bidang ritail di Indonesia. Indomaret mewaralabakan sejak tahun 1997.
1. Weaknesses ( kelemahan )
* Franchise fee yang ditawarkan ralatif tinggi. Franchise fee yang ditawarkan Indomaret yaitu 75 juta rupiah per 5 tahun,sedangkan Alfamart 45 juta rupiah per 5 tahun.
* Berbagai daerah kurang mengenal Indomaret,karena kurangmya promosi.
* Break Event Points yang ditawarkan Indomaret 4 tahun,sedangkan Alfamart antara 3-4 tahun.
1. Opportunities ( peluang )
* Masih terdapat beberapa daerah yang potensial namun belum dimasuki oleh Indomaret. Dengan waralaba Indomaret dapat lebih mudah melakukan eksploitasi ke daerah-daerah yang potensial tresebut.
* Dengan adanya perdagangan bebas, maka peluang mengembangkan franchise akan semakin besar.
* Perlunya promosi yang lebih gencar agar franchise Indomaret lebih dikenal dan laku di pasaran.
* Adanya pangsa pasar yang cukup menjanjikan, dimana di Indonesia bisnis waralaba dalam 1-2 tahun semakin tubuh subur 12,5 %.
* Mempunyai kesempatan untuk memperluas jaringan secara lebih cepat dengan menggunakan modal seminimal mungkin.
1. Threats ( Ancaman )
* Adanya franchisor lain yang terus mengikuti langkan Indomaret dalam mencari franchisee,yaitu Almafart.
* Terdapat perusahaan franchise yang sejenis dengan harga jual franchise yang hampir sama. Seperti: investasi untuk Alfamart sebasar 300-400 juta. Investasi Indomaret berkisar 300-350 juta.
* Adanya kemungkinan beberapa gerai milik franchise yang dapat menurunkan reputasi nama franchise akibat kegagalannya memenuhi baku standar tertentu yang kemudian melakukan komplain.
* Adanya tindakan peniruan terhadap keunikan yang dimiliki franchisor yang kemudian dapat menjadi pesaing franchisor.
* Adanya franchise asing memasuki pangsa psar indonesia ,maka secara tidak langsung akan memberikan dampak negatif terhadap perusahaan.
* Timbul kekurang percayaan dari franchisee terhadap indomaret yang disebabkan franchisee tidak ikut campur dalam

5. Menurut saya PT.Pristama Indomarco dalam kelompok Workgroup, karena PT. Indomarco Pristama membentuk suatu dunia bisnis kerja yang menjual berbagai macam kebutuhan pokok sehari-hari yang meliputi kebutuhan makanan,minuman,peralatan sekolah maupun yang lainnya.sehingga PT. Indomarco Pristama membutuhkan kurang lebih 10 orang untuk mengatur dan menjalankan database yang ada di perusahaan tersebut.

6. dalam mengembangkan sistemnya saya akan lebih mengutamakan efisiensi sistem sebagai alat pembantu kecepatan kinerja para karyawan dalam penggunaan sistem tersebut,sehingga para karyawan tidak sulit dalam mengatur pemasokan barang maupun penatanan barang sesuai keinginan

7. DAFTAR PUSTAKA
 http://indomaret.co.id/waralaba/
http://www.franchisewaralaba.com/alamat-indomaret-di-kota-seluruh-indonesia.html
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2009/12/strategi-pemasaran-indomaret-dalam-menghadapi-persaingan/

Leave a Reply